TIM YANG BERSATU

FirmanTuhan

Efesus 5:22-25

“Hai istri, tunduklah kepada suami seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala istri sama seperti  Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu. Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.”

 

1 Petrus 3:7

“Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan istrimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

 

RENUNGAN

            Anda dan pasangan Anda haruslah menjad tim yang bersatu dalam mendidik anak-anak yang Tuhan percayakan. Tanggung jawab mendidik anak dilakukan bersama-sama oleh ayah dan ibu. Ada pemikiran yang keliru, bahwa mendidik anak adalah tugas ibu sementara ayah hanya bertanggung jawab mencari nafkah bagi keluarga.

            Agar menjadi tim yang bersatu, sangatlah penting bagi ayah dan ibu untuk memperhatikan hubungan di antara mereka sebagai suami dan istri. Bahwa suami mengasihi istri seperti Kristus mengasihi tubuhNya yaitu jemaat. Sedangkan istri menghormati dan tunduk kepada suami sama seperti jemaat kepada Kristus.

            Ayah menjadi kepala keluarga dan ibu menjadi pendukung utama ayah sehingga anak-anakpun akan mengikuti apa yang dilakukan oleh ibu. Ketika ayah dan ibu menjadi tim yang bersatu dan saling mendukung maka anak-anak akan merasa aman dan dapat bertumbuh maksimal.

 

APLIKASI

1.      Bicarakanlah hati ke hati dengan pasangan Anda.

·         Apakah suami telah mengasihi istri sama seperti Kristus mengasihi jemaat?

·         Dalam hal apakah istri merasa tidak dikasihi oleh suami?

·         Apakah istri menghormati dan tunduk kepada suami sama seperti jemaat kepadaTuhan?

·         Dalam hal apakah suami merasa tidak dihormati dan tidak didukung oleh istri?

 

2.      Berdoalah: agar Anda dapat menjadi tim yang bersatu dengan pasangan  Anda (ambil komitmen untuk bersama-sama mendidik anak-anak yang Tuhan percayakan).

 

3.      Untuk suami: ungkapkanlah kasih  Anda kepada istri di depan anak-anak (agar mereka tahu bahwa ayah mereka mengasihi  ibu mereka).
Untuk istri: tunjukkanlah hormat dan dukungan Anda kepada suami di depan anak-anak (agar mereka tahu bahwa ibu mereka menghormati dan mendukung ayah mereka)